11

Timo Werner

BIOGRAFI

Timo Werner menyetujui kepindahannya dari RB Leipzig ke Chelsea pada Juni 2020, bergabung dengan rekan satu tim barunya untuk musim 2020/21 dan tiba dengan reputasi sebagai salah satu penyerang paling produktif di Eropa.

Berusia 24 tahun ketika dia menandatangani kontrak, dia sebelumnya menikmati tahun-tahun paling sukses dalam karirnya bermain sebagai penyerang tengah bersama Leipzig, menggunakan kecepatannya untuk berlari di belakang barikade pertahanan lawan dan menciptakan peluang, serta bagus juga ia main dengan membelakangi posisi gawang. Namun, ia juga sering bermain sebagai penyerang sayap di awal karirnya dan untuk tim nasional Jerman, selain juga pernah berperan sebagai penyerang yang lebih dalam, turun ke lini tengah untuk membantu membangun serangan klub sebelumnya di bulan-bulan terakhir sebelum hengkang ke London barat.

Musim terakhir di Bundesliga nya menjadi yang paling produktif dalam karirnya, dengan sukses mencetak 34 gol dalam 45 pertandingan di semua kompetisi, serta mencatatkan 13 assist. Itu adalah musim keempatnya di Leipzig, yang secara konsisten mencapai sekitar 20 gol per-musim, meskipun ia tidak mampu memenangkan trofi sebelum datang ke Inggris.

Meski begitu, ia memiliki medali di tingkat internasional, setelah bermain bersama Toni Rudiger di tim Jerman yang sukses memenangkan Piala Konfederasi 2017. Werner menerima penghargaan Sepatu Emas untuk pencetak gol terbanyak turnamen tersebut.

Werner dan Rudiger juga pernah menjadi rekan satu tim di tim asal kota kelahirannya yaitu Stuttgart, tempat kedua pemain tersebut memulai karier profesional mereka. Werner menjadi pemain dan pencetak gol termuda klub, yang pertama dari banyak rekor Stuttgart dan Bundesliga yang ia buat untuk prestasinya di usia muda.

Dia menjadi pemain kunci di tim mereka saat masih remaja sebelum hengkang ke Leipzig yang baru promosi setelah Stuttgart degradasi dari Bundesliga. Dia segera menjadi sosok penting bagi tim barunya tersebut dan mereka kini berkembang pesat menjadi salah satu tim papan atas Jerman dan Eropa.

Penampilannya untuk Leipzig selama kariernya membuat dirinya menjadi pemain reguler di tim nasional Jerman, dan pasca memenangi kemenangan Piala Konfederasi itu, ia ikut melakukan perjalanan ke Rusia sebagai bagian dari skuat timnas negaranya di ajang Piala Dunia 2018.