13

Willy Caballero

BIOGRAFI

Penjaga gawang Willy Caballero resmi bergabung dengan Chelsea Football Club pada 1 Juli 2017 setelah kontraknya bersama Manchester City habis.

Dia direkrut untuk menambah stok kiper kami menyusul kepergian Asmir Begovic ke Bournemouth. Pria berusia 35 tahun ini memiliki banyak pengalaman di kompetisi tertinggi. Ia menghabiskan tiga musim terakhir di City, setelah memulai kariernya di Boca Juniors di negara asalnya Argentina sebelum bermain untuk klub Spanyol Elche dan Malaga.

Caballero melakukan debutnya untuk Chelsea pada September 2017, dalam kemenangan 5-1 atas tim tamu Nottingham Forest di ajang Carabao Cup. Clean sheet yang sudah di depan mata sirna setelah Forest mencetak gol tepat di menit akhir pertandingan.

Pola kebobolan seperti itu kembali berlanjut di beberapa kemenangan, atas klub Premier League Everton dan Bournemouth, di kompetisi yang sama, namun Caballero berhasil meraih clean sheet di ajang FA Cup ketika kami bermain imbang 0-0 di Norwich. Dalam partai ulang, setelah kembali kebobolan di menit ke-90, kiper asal Argentina ini kemudian menjadi pahlawan dalam adu penalti.

 

2017/19

Dia memainkan laga pertamanya untuk Chelsea di Premier League pada Januari 2018 dan membuat penyelamatan memukau atas tandukan Tomer Hemed dalam laga tandang kontra Brighton yang kami menangi dengan skor 4-0.

Setelah dipanggil memperkuat skuat Argentina pada Maret 2018, Caballero melakukan debutnya untuk tim nasional saat berusia 36 tahun, dalam sebuah laga persahabatan melawan Italia yang berakhir dengan kemenangan 2-0. Selain mencatatkan clean sheet, kiper Chelsea ini juga tampil apik sepanjang pertandingan dan membuat sejumlah penyelamatan impresif.

Saat melawan Southampton di semifinal FA Cup, dia berperan penting dalam kelolosan kami ke babak selanjutnya dengan sebuah penyelamatan gemilang ketika skor 1-0.

2018/19

Di musim 2018/19, Caballero tampil sembilan kali selama melapis kiper utama Kepa Arrizabalaga. Dia berhasil menorehkan clean sheet dalam kemenangan krusial atas tim tamu Tottenham pada Februari 2019. Dia juga tampil dua kali di Liga Europa yang berakhir dengan kesuksesan.

Pada Mei 2019, Caballero menandatangani perpanjangan kontrak berdurasi satu tahun.

2019/20

Caballero tampil di putaran awal kompetisi piala domestik di bawah bos baru Frank Lampard, mencatatkan clean sheet melawan Nottingham Forest di putaran ketiga Piala FA pada Januari.

Dia menikmati lima kali start berturut-turut pada bulan Februari sebelum penguncian sepak bola dan kemudian mendapatkan kembali tempat startnya di antara tiang setelah restart, termasuk untuk kemenangan penting kami di hari terakhir atas Wolves dan final Piala FA. Perpanjangan kontrak satu tahun baru ditandatangani pada Mei.

Pra-Chelsea

Caballero pertama kali pindah ke Premier League pada musim panas 2014, untuk bekerja sama lagi dengan Manuel Pellegrini, yang melatihnya di Malaga.

Periode terbaiknya di City adalah final Piala Liga 2016 saat aksi heroiknya pada adu penalti yang menentukan melawan Liverpool memastikan City meraih piala tersebut. Caballero menyelamatkan tiga penalti - dari Lucas, Philippe Coutinho, dan Adam Lallana - saat timnya juara di Wembley.

Musim 2016/17 ia tampil dalam kemenangan 3-1 di Liga Champions yang tak terlupakan atas Barcelona dan membuat penyelamatan penalti penting dari mantan striker Chelsea Falcao di leg pertama babak 16 besar melawan Monaco.Pemain Argentina ini tampil secara reguler menjelang akhir musim, termasuk dalam kekalahan 2-1 City di Stamford Bridge.

Pada malam itu dia menyelamatkan penalti Eden Hazard, sebelum pemain Belgia itu memanfaatkan bola muntahan untuk mencetak gol kemenangan.Setelah meninggalkan Boca Juniors, ia kemudian bermain untuk Elche di Spanyol selama tujuh tahun. Ia jadi kiper pilihan utama mereka dalam periode yang signifikan itu sebelum kemudian pindah ke Malaga pada 2011.

Malaga.Di bawah arahan Pellegrini, berhasil finis di peringkat enam klasemen pada musim 2012/13, salah satunya terbantu berkat penampilan apik Caballero, dan di akhir musim dia dinominasikan sebagai kiper terbaik di liga itu bersama Keylor Navas dan yang nantinya menjadi rekannya di Chelsea, Thibaut Courtois, yang kala itu dipinjamkan ke Atletico Madrid.

Internasional

Di level internasional, ia adalah bagian dari tim Argentina yang menjuarai medali emas di Olimpiade Athena 2004, dan dalam kariernya kemudian, dia masuk dalam skuat Argentina untuk Piala Dunia 2018 dan menjadi starter di dua laga pertama mereka di kompetisi itu.