Claude Makelele

Mentor Teknik

Legenda Chelsea, Claude Makelele, kembali ke klub pada Agustus 2019 untuk bekerja sebagai mentor teknik pemain muda.

Mayoritas pekerjaannya akan dilakukan di tempat latihan di Cobham, bekerja dengan pemain-pemain Akademi, mengikuti performa teknik mereka baik dalam latihan maupun pertandingan di tahap kritis dalam perkembangan mereka sebagai pemain profesional.

Dia juga bekerja dengan pemain pinjaman Chelsea, mengunjungi klub mereka secara regular dan memberikan masukan terkait pertandingan mereka.

Selama lima tahun bermain bersama Chelsea, Makelele tampil sebanyak 217 kali dengan posisi holding midfielder yang sangat instrumental bagi tim, dengan koleksi dua gol. Dalam kurun waktu tersebut, dia berhasil meraih dua gelar juara liga, satu FA Cup, dan dua League Cups, serta membantu kami melaju hingga ke final Liga Champions 2008, yang menjadi laga terakhirnya di klub.

Usai menutup karier di Paris Saint-Germain, ia bergabung dengan staf pelatih mereka di bawah manajemen Carlo Ancelotti sebelum kemudian mengikuti eks pelatih Chelsea, Paul Clement, ke Swansea City sebagai asisten manajer. Sebelum kembali ke Chelsea, dia sempat bekerja sebagai manajer klub divisi utama Belgia, Eupen, dan juga sempat menangani Bastia pada 2014.

Dalam menjalankan tugasnya, Makelele bekerja bersama eks pemain-pemain the Blues lainnya, yaitu Carlo Cudicini, Paulo Ferreira dan Tore Andre Flo.