Baba Rahman

PAOK
  • TANGGAL LAHIR

    1 Juli 1994
  • TEMPAT LAHIR

    Ghana
  • Posisi

    Bek

Baba Rahman adalah seorang full-back lincah, yang direkrut dari klub Jerman, Augsburg, pada Agustus 2015. Selama beberapa tahun terakhir dia dipinjamkan ke klub-klub Eropa. 

Pada September 2019, diumumkan bahwa dia akan menghabiskan sisa musim bersama klub peminjamnya, Real Mallorca yang bermain di divisi utama liga Spanyol.

Musim debut yang produktif

Baba melakukan debutnya untuk Chelsea saat menghadapi Maccabi Tel Aviv di Stamford Bridge di Liga Champions yang berakhir dengan kemenangan 4-0. Ia menampilkan permainan yang penuh percaya diri, mantap, dan memperlihatkan tekniknya yang tinggi. Ia juga bisa bekerja sama dengan baik dengan penyerang-penyerang kita. Debut penuhnya di liga datang saat mengalahkan Aston Villa di kandang pada Oktober 2015 dan umpan silangnya membantu terciptanya gol pembuka kita untuk mengalahkan Dynamo Kiev sebulan kemudian.

Pada Februari 2016, ketika Chelsea kekurangan bek akibat cedera, ia terus tampil dan menunjukkan permainan impresif di fase gugur Liga Champions saat bertandang ke Paris Saint-Germain. Ia menjadi starter di setiap laga pada April dan hingga akhir musim, ia sudah tampil sebanyak 23 kali.

Kembali ke Jerman dan cedera

Pada Agustus 2016, ia pindah ke Schalke dengan status pinjaman selama semusim penuh dan di sana ia akan bertemu kembali dengan mantan bosnya di Augsburg, Markus Weinzierl.

Di bawah besutan Weinzierl, sebelum pindah ke Chelsea, Baba tampil sebanyak 31 kali di liga dan membantu timnya lolos ke Liga Europa. Ia adalah pemain dengan tekel tersukses di Bundesliga pada musim 2014/15, juga pemain yang melepas umpan silang terbanyak dari sisi kiri lapangan. Dua musim sebelumnya, Baba bergabung dengan Greuther Furth di Jerman, setelah dilihat sebagai pesepakbola muda menjanjikan bersama Asante Kotoko di tanah kelahirannya.

Di Schalke, Baba tampil sebanyak 15 kali di paruh pertama musim 2016/17 sebelum meninggalkan klubnya untuk membela negaranya di Piala Afrika namun di sana ia mengalami cedera cruciate ligament di lututnya, yang membuatnya harus absen hingga akhir musim. Seusai kembali ke Chelsea untuk menjalani rehabilitasi, Baba kembali ke Schalke pada Januari 2018 dengan status pinjaman dan tampil lima kali di sana. Setelah itu ia bermain untuk klub Prancis, Reims, selama 12 bulan berikutnya, dan tampil 11 kali di sana.

Untuk musim 2019/20, ia dipinjam oleh Real Mallorca yang berkompetisi di divisi utama liga Spanyol, bertepatan dengan perpanjangan kontrak dari Chelsea yang berdurasi hingga tahun 2022.

Setelah pulih, Baba muncul dalam beberapa kesempatan untuk skuad pengembangan Chelsea pada paruh pertama musim 2020/21 tetapi pada Januari 2021 ia pindah dengan status pinjaman ke Yunani untuk sepak bola tim utama, bergabung dengan PAOK.

Karier di tim nasional

Baba, pemain internasional Ghana ini, menjadi bagian dari skuat Ghana yang berlaga di Piala Afrika dan berhasil menjadi juara dua, setelah kalah dari Pantai Gading, di turnamen tahun 2015. Ia terpilih untuk membela negaranya di turnamen 2017 yang diselenggarakan di Gabon namun harus ditarik keluar setelah mengalami cedera lutut serius di laga pertama.

Setelah cukup lama menjalani rehabilitasi, bek ini bisa bermain lagi untuk the Black Stars di edisi 2019 ketika Ghana memuncaki grup mereka. Namun, mereka tersingkir di babak 16 besar setelah kalah adu penalti dari Tunisia