Conor Gallagher

West Bromwich Albion
  • TANGGAL LAHIR

    6 Februari 2000
  • TEMPAT LAHIR

    Inggris
  • Posisi

    Gelandang

Conor Gallagher adalah anak London yang seringkali bermain sebagai pemain sayap saat masih berada di kelompok usia Under-16 dan sebagai gelandang tengah ketika masih berada di awal masa sekolah.

Ia punya dua saudara yang sudah menjadi mahasiswa di klub lain dan ia adalah keturunan dari keluarga sepakbola yang merupakan suporter setia Chelsea. Lulusan pusat pembinaan ini sudah berlatih bersama Chelsea sejak usia enam dan merupakan seorang pemain tim dengan sikap yang sangat baik.

Dia tampil sebanyak 31 kali di musim perdananya sebagai mahasiswa, dua di antaranya sebagai pemain pengganti di ajang Youth Cup, dan melakukan debutnya bagi skuat binaan pada Maret 2017. Di antara kelima gol yang diciptakannya bagi tim Under-18, dia berhasil memecah kebuntuan dalam laga penentu titel juara kontra Reading, dan mengawali selebrasi di Cobham.

Sebagai pemain yang terakhir dipanggil ke tim nasional Inggris Under-17, dia sudah melakukan debutnya sebelum putaran final Piala Dunia pada Oktober 2017 dan kembali dengan membawa medali juara. Ia tampil reguler di lini tengah dan terus memberikan pengaruhnya di fase-fase akhir pertandingan, termasuk di final. Gelandang ini terus tampil bagi tim yunior di sepanjang musim 2017/18, berkontribusi pada hujan trofi lainnya dan selalu tampil di setiap laga dalam perjalanan merengkuh trofi FA Youth Cup.

Pada Oktober 2018, Gallagher menandatangani kontrak baru yang mengikatnya hingga musim panas 2021. Setelah terpilih sebagai Academy Player of the Year di musim 2018/19, gelandang ini dipinjam Charlton Athletic hingga akhir musim.

Pada Januari 2020, ia kembali dari Charlton setelah hanya melewatkan satu pertandingan Championship dan mencetak enam gol sebagai gelandang. Dia kemudian dipinjamkan ke klub Championship lainnya, Swansea, yang bersaing untuk masuk babak play-off. Di sana ia bermain dengan sesama lulusan Akademi Chelsea Marc Guehi, yang dipnjamkan ke klub Wales Selatan seminggu sebelumnya, serta Steve Cooper, manajer tim nasional Inggris U-17 yang pernah melatih keduanya ketika Singa muda memenangi Piala Dunia di level usia tersebut pada 2017.

Pada September 2020, Gallagher menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun di Chelsea dan langsung pindah ke klub promosi Liga Inggris, West Bromwich Albion dengan status pinjaman.