Davide Zappacosta

Genoa
  • TANGGAL LAHIR

    11 Juni 1992
  • TEMPAT LAHIR

    Italia
  • Posisi

    Bek

Perekrutan Davide Zappacosta dari Torino diselesaikan di hari terakhir tenggat transfer, pada Agustus 2017.

Pemain internasional Italia, yang bisa bermain sebagai wing-back atau full-back ini, menandatangani kontrak berdurasi empat tahun di Stamford Bridge.

Zappacosta mampu bertahan dan menyerang dengan sama baiknya, juga seorang pengumpan silang yang andal dari sisi kanan lapangan. Dengan energi dan stamina yang kuat, ia mampu terus bertahan dan menyerang selama 90 menit penuh. Selain cepat, ia juga tenang dalam situasi satu lawan satu dan punya tekel yang baik.

Ia memulai kariernya di klub kasta keempat sepak bola Italia, Isola Liri. Setelah bergabung dengan Atalanta di Serie A, ia menjadi pemain regular di tim utama bersama Avellino, yang membeli hak kepemilikan bersama si pemain. Ia kemudian kembali ke Atalanta dan jadi pemain regular di sana sepanjang musim 2014/15. Berkat penampilan apiknya, ia direkrut Torino yang merupakan salah satu klub tersukses dalam sejarah sepak bola Italia.

Penampilan menawannya di Turin membuat Antonio Conte membawanya ke skuat Italia jelang Euro 2018 dan masuk dalam daftar pemain cadangan untuk turnamen tersebut. Ia melakoni penampilan perdananya di kancah internasional pada musim 2016/17 dan sudah mengoleksi empat caps pada saat didaratkan oleh Chelsea.

Ia dengan cepat memberi dampak di Stamford Bridge. Setelah melakukan debutnya sebagai pemain pengganti dalam kemenangan di Leicester pada awal September 2017, ia mencetak gol spektakuler di Stamford Bridge beberapa hari kemudian ketika dimainkan sejak menit pertama. Usai menyeruak dari pinggir lapangan, ia melepas sebuah sepakan keras yang masuk ke gawang Qarabag di Liga Champions.

Seiring dengan berjalannya waktu, Zappacosta semakin sering tampil dan mengisi posisi bek sayap kiri ketika Marcos Alonso absen. Ia mencetak gol perdananya untuk the Blues di liga dalam laga yang berakhir dengan kemenangan besar atas Stoke City dilaga terakhir tahun 2017. Ia menutup musim pertamanya di London barat dengan 35 penampilan. 

2018/19

Keterlibatan Zappacosta di musim 2018/19 terbatas hanya di kompetisi piala domestik dan Liga Europa, meski pria Italia ini selalu tampil apik ketika diturunkan dengan mengandalkan kecepatannya dalam bergerak maju untuk membantu serangan dan melepas umpan-umpan silang dari sisi sayap.

Saat mengalahkan Derby County di Carabao Cup, dua dari tiga gol kami berasal dari umpan silang Zappacosta, dan dari umpannya juga Ruben Loftus-Cheek dijatuhkan dan mendapat hadiah penalti kala menyingkirkan Nottingham Forest di ajang FA Cup.

Lebih sering diturunkan sebagai pemain pengganti di paruh kedua musim kompetisi, Zappacosta dimainkan di leg kedua semifinal Liga Europa melawan Eintracht Frankfurt, menambah energi permainan dalam prosesnya, dan kembali tampil di final ketika semua gol sudah tercipta. 

2019/20

Pada 21 Agustus 2019, Zappacosta menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun di Chelsea dan pindah ke Roma di Serie A dengan status pinjaman. Setelah hanya tampil dua kali untuk klub Italia itu akibat dibebat cedera, dia malah mengalami cedera ligamen krusiat anterior di lututnya ketika sedang berlatih di awal Oktober 2019.

2020/21

Pada September 2020, Zapacosta diumumkan akan kembali ke Serie A, Italia untuk dipinjam oleh Genoa.