Emerson Palmieri

Lyon

  • TANGGAL LAHIR

    3 Agustus 1994
  • TEMPAT LAHIR

    Santos, Brazil
  • Posisi

    Bek

Emerson Palmieri didatangkan oleh Chelsea dari klub Italia, Roma, pada Januari 2018 dan menandatangani kontrak berdurasi empat setengah tahun.

Dia pemain berkaki kiri yang serbabisa ini dapat beroperasi sebagai full-back, bek sayap atau lebih maju lagi, Emerson memiliki keterampilan, operan jarak jauh dan kemampuan untuk membaca permainan dengan baik.

Emerson, yang mempunyai nama lengkap Emerson Palmieri dos Santos, datang setelah bermain selama dua setengah tahun untuk Roma dan mengukuhkan diri sebagai pemain penting bagi timnya serta mendapat pengalaman berharga dengan bermain di Eropa.

2017/18

Emerson bergabung dengan The Blues akhir Januari 2018 dan mencatat debut saat mengatasi Hull City 4-0 pada laga Piala FA dua pekan berselang. Di laga itu, dia tampil mengesankan sebagai bek sayap kiri dan memberi umpan atas gol Olivier Giroud.

Dia memperoleh peluang bermain di Premier League ketika Marcos Alonso disanksi tiga laga. Kesempatan itu membuahkan kemenangan mengesankan di Burnley dan Swansea. Di antara pertandingan itu, dia turut tampil di semi-final Piala FA melawan Southampton di Wembley, meski sayangnya terpaksa absen di laga final akibat cedera.

 

 

2018/19

Gol pertama Emerson buat Chelsea tercipta di Anfield pada laga Piala Liga melawan Liverpool. Dia menyarangkan gol penyama kedudukan dari jarak dekat saat kita berhasil bangkit menang 2-1.

Emerson tampil lebih sering sebagai pemain inti berkat kecepatan serta kemampuan melepaskan umpan silang dari posisi bek kiri. Contoh terbaiknya tersaji di final Liga Europa ketika umpannya disambar Olivier Giroud untuk mencetak gol pembuka yang penting. Total, dia tampil 27 kali.

2019/20

Pemain internasional Italia itu membuat lebih banyak penampilan di Liga Premier pada 2019/20 daripada dua musim sebelumnya di Stamford Bridge, menghabiskan banyak waktu sepanjang musim sebagai pilihan pertama Frank Lampard di sisi kiri pertahanan kita.

Dia memiliki awal musim yang menjanjikan, yang membuatnya menjadi pilihan utama di setiap pertandingan hingga jeda internasional pertama, perjalanan terpanjangnya di tim hingga saat ini. Cedera yang mengganggu saat tugas internasional mengganggu penampilannya, tetapi ia kembali untuk merebut kembali tempatnya di tim pada bulan November. Setelah memulai kemenangan atas Watford, ia tetap menjadi bek kiri pilihan utama di formasi empat bek untuk sebagian besar tahun 2019, termasuk debut Liga Champions yang sudah lama tertunda.

Terlepas dari penampilan yang impresif melawan Nottingham Forest di putaran ketiga Piala FA, kemunculan Reece James di bek kanan dan perpindahan Cesar Azpilicueta ke sisi kiri pertahanan kami membuat Emerson menjadi pemain pengganti pada awal tahun 2020 Dia membuat dua start setelah dimulainya kembali sepak bola setelah lockdown Covid, kemenangan perempat final Piala FA kami atas Leicester dan leg kedua kekalahan babak 16 besar Liga Champions kita dari Bayern Munich.

2020/21

Kompetisi piala memberikan Emerson kesempatan bermain lebih banyak musim 2020/21. Ini juga yang menjadi cuplikan penting penampilan individualnya. Pemain internasional Italia ini hanya sekali muncul pada menit-menit akhir pertandingan kandang babak 16 besar Liga Champions melawan Atletico Madrid. Dari sebuah serangan, dia muncul menerima operan Christian Pulisic dan memberikan tembakan terukur dengan sentuhan pertamanya. Ini memicu pemandangan legendaris yang disaksikan Thiago Silva, Jorginho, dan Mason Mount di East Stand.

Terbatas hanya tampil dua kali di Premier League, Emerson bermain di setiap putaran Piala FA hingga final. Dia juga tampil di dua laga Carabao Cup. Di Liga Champions, dia tampil enam kali, termasuk sebuah penampilan singkat menghadapi Atleti.

Pinjaman

Pada 19 Agustus 2021, Emerson bergabung dengan status pinjaman bersama Lyon.

Sebelum Chelsea

Ketika masih berusia 18 tahun, dan sudah tampil menonjol bagi tim Under-20 Santos, Emerson mulai tampil lebih reguler untuk tim utama dan kemudian menarik perhatian klub asal Italia, Palermo, yang kemudian meminjam si pemain untuk musim 2014/15.

Lahir di Sao Paulo Agustus 1994, dia melakukan debut untuk klub kotanya Santos dalam usia 16 tahun setelah menembus berbagai level junior.

photo of Milestone Milestone

Setelah pindah ke Roma, lagi-lagi selama semusim penuh. Setahun kemudian, Emerson melakukan debutnya saat mengalahkan Palermo dengan skor 4-2 dan berhasil mencetak gol perdananya bagi Roma ketika menaklukkan AC Milan dengan skor 3-1 di San Siro. Pada Desember 2016, ia resmi dipermanenkan Roma.

Sepanjang musim 2016/17, bersama rekan setimnya, Toni Rudiger, ia menikmati musim terbaik di sepanjang kariernya dengan menjadi reguler di Roma dan tampil apik sepanjang musim untuk membantu Roma finis di urutan dua klasemen Serie A, hanya selisih empat poin dari juara Juventus.

Cedera menghalanginya di awal 2017/18, tapi dia kembali untuk tampil dua kali bersama Roma Desember sebelum menuntaskan kepindahan ke Chelsea sebulan berselang.

Internasional

Pernah mewakili Brasil di sejumlah turnamen, di antaranya Piala Dunia U-17, Emerson menjadi warga negara Italia Maret 2017 berdasarkan hubungan darah dari pihak ibu. Dia pun memperoleh panggilan perdana ke timnas Italia segera setelahnya.

Emerson mencetak debut senior untuk Italia, September 2018, di UEFA Nations League melawan Portugal. Dia tampil sebagai pemain pengganti pada babak kedua pertandingan yang berakhir kekalahan 1-0. Dia sering disertakan selama kualifikasi Euro 2020 dan masuk skuad Roberto Mancini untuk turnamen yang pelaksanaannya ditunda setahun itu.

Meski hanya menjadi cadangan, Emerson tampil penuh pada pertandingan terakhir grup melawan Wales. Menyusul cedera Leonardo Spinazzola, dia tampil sebagai pemain pengganti pada kemenangan perempat-final atas Belgia. Dia kemudian menjadi pemain inti untuk semi-final dan final saat Italia mengalahkan Spanyol serta Inggris melalui adu penalti. Italia pun mengangkat trofi Kejuaraan Eropa di Wembley.