Ethan Ampadu

Sheffield United
  • TANGGAL LAHIR

    14 September 2000
  • TEMPAT LAHIR

    inggris
  • Posisi

    Gelandang

Ethan Ampadu, yang dapat bermain sebagai bek tengah atau gelandang bertahan, bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2017 dari Exeter City. Di musim sebelumnya, ia menjadi pemain termuda sepanjang sejarah the Devon.

Pada Juli 2019, diumumkan bahwa remaja ini akan dipinjamkan ke klub Bundesliga, RB Leipzig, selama semusim penuh.

 

Pengaruh cepat

Setelah mengawali musim 2017/18 dengan bermain untuk Akademi Chelsea dan mampu mengesankan Antonio Conte berkat penampilannya yang tenang dan kepemimpinannya,  Ampadu melakukan debutnya di tim senior saat diturunkan sebagai pemain pengganti di babak kedua kala menaklukkan tim tamu Nottingham Forest di Carabao Cup pada September 2017. Sebulan kemudian, ia dimainkan sejak menit pertama saat menghadapi Everton di babak berikutnya.

Ia jadi pemain debutan termuda kedelapan klub dan jadi yang pertama dari pemain yang lahir di era milenium yang bisa menjadi starter di Chelsea, tepatnya di usia 17 tahun enam hari.

Dalam aksi perdana Ampadu di Premier League, di Huddersfield, berakhir dengan kemenangan. Ia juga turut tampil dalam laga-laga terbesar tim Akademi, sambil terus tampil bagi tim utama di kompetisi piala domestik.

Pada September 2018, Ampadu mengkomitkan masa depannya pada klub dengan menandatangani kontrak jangka panjang berdurasi lima tahun, dan melakoni start pertamanya di musim 2018/19 ketika dipartnerkan dengan Andreas Christensen di jantung pertahanan dalam skema empat bek saat melawan MOL Vidi di Liga Europa.

Setelah menunjukkan keserbabisaannya sebagai bek tengah dan sebagai deep-lying midfielder untuk the Blues, Ampadu diturunkan sebagai gelandang serang saat menang atas Nottingham Forest di FA Cup, beroperasi di sisi kanan dari tiga gelandang dan tampil apik. Namun, kambuhnya cedera punggung membuatnya yang menderanya memaksanya menepi sejak Februari.

Telah mewakili Wales di kelompok usia Under-19 sebelum bergabung dengan Chelsea, dia melakoni debutnya di tim senior ketika diturunkan di babak kedua saat timnasnya berhadapan dengan Prancis pada November 2017.

Pengalaman Dipinjam Klub Lain

Dalam kepindahan pertamanya dari Chelsea, Ampadu bergabung dengan RB Leipzig untuk musim 2019/20. Anak muda itu mencatatkan total tujuh pertandingan untuk tim Jerman tersebut, dengan rekor bagus, menang lima kali dan imbang dua kali. Pemain asal Wales itu juga merasakan pengalaman pertamanya bermain di Liga Champions dan bermain sebanyak tiga kali, termasuk dalam kemenangan 0-1 timnya atas Spurs di Stadion Tottenham Hotspur yang baru.

Jelang musim 2020/21, Ampadu kembali dipinjamkan ke klub Liga Premier League, Sheffield United.