Henry Lawrence

AFC Wimbledon

  • TANGGAL LAHIR

    21 September 2001
  • TEMPAT LAHIR

    London, Inggris
  • Posisi

    Bek

Henry Lawrence bergabung sebagai pemain U-9 setelah melalui program di pusat pengembangan klub. 

Tahun-tahun Akademi

Dia dan keluarganya merupakan fans Chelsea. Dia pernah dicoba di berbagai posisi semasa masih pelajar, meski seringnya dimainkan sebagai gelandang. Dia memperoleh beasiswa Juli 2018.

Lawrence mengukir 21 penampilan selama musim 2018/19. Kemampuannya yang serbabisa di lini tengah dan pertahanan sangat bermanfaat bagi pasukan Andy Myer. Dia mencetak tiga gol, paling dikenang saat menang atas Brighton pada menit terakhir, Oktober. Dia juga menandai debut U-19 di UEFA Youth League dengan menghadapi Monaco.

Dia memulai debut internasional U-19 untuk timnas Inggris saat melawan Belgia, Oktober 2019. Dia mengukir gol saat debut dalam kemenangan Young Lions 4-2 di ajang Marbella International Cup. Kurang sepekan berselang, Lawrence menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Chelsea menyusul sejumlah penampilan impresif sebagai bek kanan.

Lawrence menandai debut di skuad pengembangan pada awal musim 2019/20. Dia terus bermain termasuk ketika menyarangkan gol pertamanya saat mengalahkan Brighton & Hove Albion 2-1 di Stamford Bridge. Dia tampil 30 kali di berbagai posisi untuk Akademi musim itu dan mencetak lima gol.

November 2020, pemain 19 tahun itu menandatangani kontrak terbaru Chelsea untuk membuatnya bertahan di klub hingga musim panas 2023. Sebulan sebelumnya dia debut untuk timnas Inggris U-20.

Dia menjadi pemain reguler skuad pengembangan awal 2020/21, tampil 13 kali di berbagai posisi, serta mencetak gol kemenangan atas Leicester di Kingsmeadow. Cedera yang didapatnya pada paruh kedua musim membuat Lawrence hanya tampil enam kali lagi untuk tim asuhan Andy Myers. Total, dia mengemas empat gol termasuk dua gol yang disarangkannya saat bertandang ke markas Blackburn Rovers pada hari penutupan musim.

Peminjaman

Awal musim 2021/22, Lawrence untuk kali pertama dipinjamkan, yaitu ke klub League One, AFC Wimbledon.