Ian Maatsen

Charlton Athletic
  • TANGGAL LAHIR

    10 Maret 2002
  • TEMPAT LAHIR

    Vlaardingen, Belanda
  • Posisi

    Bek

Ian Maatsen adalah pemain yang pertama kali dilihat oleh scout kami di Belanda ketika bermain untuk tim nasional U-16 dan mantan klubnya, PSV Eindhoven. Dia bergabung dengan kami pada Juli 2018.

Pemain muda Belanda ini adalah pemain yang bisa beradaptasi yang bisa bermain di bek kiri, bek sayap, bek tengah atau di lini tengah, dan keserbagunaan itu dimanfaatkan di musim perdananya di Inggris saat ia tampil di sejumlah posisi bertahan untuk tim akademi kami. Gol Chelsea pertamanya datang dalam kemenangan tim muda 3-1 melawan Arsenal pada September 2018 sebelum debut skuad pengembangannya akhir bulan itu di Checkatrade Trophy di Newport County. Pemain internasional Belanda U-18, ia tampil selama perjalanan kami ke final UEFA Youth League akhir pekan.

Pada Piala Dunia U-17 2019, Maatsen dan Belanda kalah di semifinal melawan Meksiko dan finis di urutan keempat. Musim 2019/20 melihat Maatsen memperkuat lini pertahanan skuad U23, menjadi kapten tim dalam beberapa kesempatan. Masih memenuhi syarat untuk tim U-18, Maatsen mencetak gol Piala FA Yunior pertamanya dalam kemenangan 7-0 atas Wolves pada Februari 2020. Secara total, Maatsen tampil 23 kali di seluruh tim Akademi selama 2019/20 dan mencetak satu gol.

Karir Tim Senior

Maatsen menandatangani kontrak profesional pertamanya di klub pada Maret 2019 dan melakukan debut seniornya pada September di tahun yang sama. Pada usia 17 tahun, pemain internasional muda Belanda itu bermain selama 24 menit saat Chelsea menang 7-1 di Piala Carabao atas Grimsby Town. Kontrak baru yang berjalan hingga setidaknya musim panas 2024 diumumkan untuk bek tersebut pada ulang tahunnya yang ke-18 pada tahun 2020.

Pada Oktober 2020, Maatsen dipinjamkan ke Charlton Athletic. Ini akan menjadi pengalaman pertamanya di tim senior.