Izzy Brown

Sheffield Wednesday
  • TANGGAL LAHIR

    6 Januari 1997
  • TEMPAT LAHIR

    INGGRIS
  • Posisi

    Pemain Depan

Isaiah Brown, atau yang dipanggil Izzy, melakukan debutnya di tim utama Chelsea saat melawan mantan klubnya, West Bromwich Albion, dalam laga kedua terakhir musim 2014/15, ketika masuk di menit-menit terakhir menggantikan Loic Remy.

Berkat penampilan gemilangnya di tim Under-21, serta di pra musim, di mana ia dibawa ke camp latihan di Eropa bersama tim utama, ia kemudian dipromosikan ke tim utama oleh Jose Mourinho pada Februari 2015.

Brown menjadi kapten tim Under-19 kami di UEFA Youth Cup 2015 yang berakhir dengan gelar juara. Di final, ia mencetak dua gol ke gawang Shakhtar Donetsk. Ia juga menjadi bagian dari tim Under-18 yang berhasil mengangkat trofi FA Youth Cup. Di final yang mereka menangi, ia kembali mencetak gol, ke gawang Manchester City.

Brown bergabung dari West Brom ke Chelsea pada musim panas 2013, setelah mendapat kesempatan untuk melakukan debut bagi the Baggies menghadapi Wigan di liga pada Mei di musim sebelumnya. Saat itu dia menjadi pemain termuda kedua yang pernah bermain di Premier League.

Pemain serba bisa yang cepat ini bisa beroperasi di mana saja di lini depan, juga bisa memerankan pemain “No. 10”. Meski masih menjadi mahasiswa tahun pertama, ia dengan cepat bergabung dengan Chelsea Under-21 di awal musim 2013/14.

Di masa pra musim, ia banyak mencetak gol dan banyak dimainkan sebagai penyerang yang beroperasi melebar ke kanan. Di posisi yang sama, ia mencetak empat gol di tiga laga pertama Under-21. Saat membawa tim U21 menjadi juara, ia bermain sebanyak 20 kali dan mencetak gol pembuka di semi final playoff saat mengalahkan Manchester City di the Etihad.

Brown pertama kali merasakan sepakbola Eropa di laga pembuka UEFA Youth League, di mana mereka menang atas Basel. Ia hanya melewatkan satu laga ketika U19 maju hingga delapan besar. Di FA Youth Cup, setelah mencetak gol pembuka ke gawang Sheffield Wednesday yang berakhir dengan kemenangan 4-1 di babak keempat, ia kembali bermain di kedua leg di semi final dan final, masuk sebagai pemain pengganti saat turun minum di final leg kedua di Stamford Bridge. Ia berhasil membawa rekan-rekannya untuk membalikkan keadaan dan menang atas Fulham untuk memastikan gelar juara.

Brown dibawa oleh Jose Mourinho ke Eropa untuk menjalani camp latihan selama dua minggu guna menghadapi musim 2014/15 dan juga tampil di laga persahabatan di sana.

Ia masuk sebagai pemain pengganti di laga Capital One Cup di Shrewsbury dan di laga Premier League kontra Manchester City di akhir Januari. Ia masuk ke tim utama pada Februari 2015.

Setelah melakukan debutnya di akhir musim tersebut, pada 10 Juli 2015, Brown dipinjam oleh Vitesse Arnhem hingga akhir musim 2015/16. Pada September 2015, ia menandatangani kontrak berdurasi empat tahun.

Selama bermain di klub sepakbola divisi utama Belanda itu, bersama rekannya dari Chelsea Dominic Solanke dan Lewis Baker, Brown tampil sebanyak 24 kali, 10 di antaranya sebagai pemain pengganti, dan mencetak gol saat timnya menang di kandang Roda JC pada Maret 2016. Gol itu diawali dengan mengontrol bola, yang diumpan dari jauh, dengan dadanya lalu melakukan tembakan drive rendah keras ke sudut jauh.

Pada Agustus 2016, Brown dipinjam oleh klub Championship, Rotherham United dan tampil sebanyak 20 kali serta mencetak tiga gol. Setelah itu ia pindah ke seberang Yorkshire untuk kembali dipinjam oleh klub di divisi yang sama, Huddersfield Town pada Januari 2017.

Ia langsung tampil memukau bersama tim barunya, mencetak tiga gol dari enam laga pertamanya, yang salah satunya dicetak lewat sentuhan pertamanya dalam laga derbi kontra Leeds. Ia terpilih sebagai pemain terbaik saat mengalahkan rival juara Brighton. Pada April, tembakan melengkungnya berujung pda gol kelimanya musim ini untuk klub dan gol tunggal saat menang 1-0 di Wolverhampton Wanderers, yang menggaransi empat the Terriers di zona playoff divisi Championship.

Brown tampil sebagai starter di kedua leg di semifinal saat menghadapi Sheffield Wednesday dan sukses membobol gawang di Hillsborough, membantu terciptanya gol pertama Huddersfield yang kemudian lolos ke final lewat adu penalti. Ia kemudian kembali masuk ke starting line-up tim yang akan menhgadapi Reading di final, di Wembley, dan tendangan penalti lagi-lagi menjadi penyelamat the Terriers untuk mengamankan promosi mereka ke Premier League.

Pada Juli 2017, Brown menandatangani kontrak baru yang berdurasi hingga 2021 kemudian dipinjamkan ke Brighton and Hove Albion, yang seperti Huddersfield, juga meraih promosi ke divisi utama.

Ia tampil sebanyak 13 kali di Premier League untuk the Seagulls, empat di antaranya sebagai starter, namun sayang sekali harus mengalami cedera serius ketika menghadapi Crystal Palace di putaran ketiga FA Cup pada Januari 2018, dan harus kembali ke Chelsea.

Pada akhir Agustus 2018, ia bergabung dengan klub yang berlaga di divisi Championship, Leeds United dengan status pinjaman.

Dia menghabiskan musim 2018/19 dengan dipinjamkan ke Leeds United namun cedera mengganggu perkembangannya di Elland Road dan hanya tampil dua kali sebagai pemain pinjaman bagi tim Marcelo Bielsa. Pada Agustus 2019, diumumkan bahwa dia akan kembali bermain di divisi Championship bersama tim yang baru saja promosi, Luton Town.

Pada 20 August 2020, Brown dipinjamkan ke klub asal Yorkshire, Sheffield Wednesday dengan durasi peminjaman satu tahun.

Karier di tim nasional

Pemain internasional Inggris Under-16, Under-17, dan Under-19 ini berperan penting di grup U19 untuk membawa pasukan John Peacock lolos ke putaran final European Championship U17 di Malta pada Mei 2014. Ia mencetak empat gol di babak kualifikasi dan bermain di final yang dimenangi the Three Lions muda itu.

Brown mengoleksi tiga trofi di musim tersebut.Ia kemudian dipanggil ke timnas U19 yang akan berlaga di fase penyisihan European Championship dan menjadi starter untuk kali pertama di level tersebut pada Oktober 2014. Sebulan kemudian ia mencetak dua gol saat timnya menang 3-0 atas Italia.

Brown dipanggil untuk memperkuat skuat Inggris Under-21 yang akan berlaga di European Championships 2017 namun batal akibat cedera.