Jake Clarke-Salter

Birmingham City
  • TANGGAL LAHIR

    22 September 1997
  • TEMPAT LAHIR

    Inggris
  • Posisi

    Bek

Jake Clarke-Salter adalah seorang bek tengah yang tenang dan mampu menguasai bola dengan baik. Dia lulus dari berbagai kelompok usia di Akademi hingga akhirnya menjadi bagian dari tim nasional Inggris Under-21. Ia melakoni debut untuk tim senior Chelsea pada April 2016 di Villa Park.

Bek kelahiran Surrey ini menghabiskan musim 2018/19 dengan dipinjamkan ke Vitesse di Belanda dan tampil 28 kali di Eredivisie. Pada Juli 2019, ia menandatangani kontrak baru di klub dan bergabung dengan Birmingham City dengan status pinjaman selama musim 2019/20.

Pencapaian di Akademi

Jake bergabung di kelompok usia Under-9 dan kebanyakan bermain sebagai pemain bertahan di kelompok usia dini. Meski tidak bisa bermain di sebagian besar musim Under-15 akibat cedera lutut serius, ia masih bisa bermain 14 kali untuk tim muda saat masih berstatus pelajar pada 2013/14. Catatan pentingnya, bermain di semi final dan final FA Youth Cup, dimana pasukan Adi Viveash itu menang atas Fulham.

Kuat, atletis, dan mampu menggiring bola dari daerah pertahanan, ia mengawali musim pertamanya sebagai mahasiswa dengan bermain di jantung pertahanan sekaligus menjadi kapten bagi tim Joe Edwards. Ia lalu melakukan debutnya untuk tim Under-19 dan Under-21 pada Januari 2015. Dalam musim yang penuh kesuksesan itu, Clarke-Salter bermain di setiap laga di UEFA Youth League dan hanya tidak bermain satu kali di Youth Cup yang berakhir dengan gelar juara pada April.

Ia memainkan sebagian besar laganya bersama tim Under-21 pada 2015/16 tapi masih bisa tampil untuk ajang Youth Cup, dan hanya absen sekali dalam perjalanan meraih titel untuk ketiga kalinya berturut-turut. Kesuksesan itu menghasilkan medali ketiga untuk Jake, pencapaian yang hanya bisa disamai oleh enam pemain lain, termasuk rekannya, Jay Dasilva dan lima pemain Manchester United dari era Busby Babes di tahun 1950an. Dia juga jadi bagian dari pertahanan kokoh yang membantu tim Under-19 mempertahankan gelar juara Eropa mereka.

Debut di Chelsea

Cedera panjang Kurt Zouma di awal 2016 membuat Clarke-Salter dipanggil untuk berlatih secara regular bersama skuat tim utama dan ia melakukan debutnya di tim senior di Villa Park pada April, masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua sebagai bek kiri di laga yang berakhir dengan kemenangan 4-0 itu.

Setelah dipinjamkan selama setahun, Clarke-Salter ikut serta dalam skuat yang dibawa Antonio Conte ke Tiongkok dan Singapura di musim panas 2017 dan tampil di laga pembuka kami, ketika berhadapan dengan Arsenal dan Inter Milan. Ia jadi bagian skuat tim utama di paruh pertama musim 2017/18 dan bermain di babak kedua saat mengalahkan Nottingham Forest di ajang Carabao Cup.


Karier sebagai pesepak bola senior

Pada Agustus 2016, Clarke-Salter melakoni peminjaman pertamanya, bersama rekannya Charlie Colkett, ke klub League One Bristol Rovers selama semusim. Setelah berhasil melalui cedera yang dialaminya di penghujung musim sebelumnya, ia melakukan debutnya di sana pada akhir September dan berhasil mencetak gol kemenangan di markas Oldham, namun setelah mengalami cedera patah lengan pada November, ia terpaksa absen sebentar. Ia kembali beraksi pada Maret, sebagai pemain pengganti saat melawan Southend, lalu melakukan start pertamanya sejak sembuh dari cedera ketika membantu timnya menang di AFC Wimbledon. Secara keseluruhan, ia tampil sebanyak 13 kali untuk the Pirates.

Tak lama setelah tidak diturunkan saat bermain imbang dengan Norwich di kompetisi FA Cup pada Januari 2018, Clarke-Salter untuk pertama kalinya dipinjamkan ke klub divisi Championship, Sunderland hingga akhir musim. Ia tampil 13 kali bagi the Black Cats yang harus terdegradasi ke League One. Bek muda ini mendapat dua kartu merah beruntun pada Februari dan Maret.

Dia menghabiskan musim 2018/19 dengan bermain untuk Vitesse di Belanda. Gol semata wayangnya di musim itu tercipta saat melawan Groningen di laga pertama di liga. Secara keseluruhan, dia tampil 28 kali bersama Vitesse, yang finis sebagai peringkat lima Eredivisie.

Musim 2019/20 Jake dipinjamkan ke Birmingham City, dimana musim lalu membuat 23 penampilan dan membantu mereka menyelesaikan musim dengan lolos dari zona degradasi. Dia kembali dipinjamkan ke klub itu musim 2020/21.


Karier di tim nasional

Bek ini selalu membela tim nasional Inggris di berbagai kelompok usia dan bahkan berperan penting bagi kesuksesan tim Singa muda dalam meraih trofi. Di musim panas 2017, dia jadi bagian dari tim Inggris Under-20 yang menjadi juara Piala Dunia FIFA untuk kelompok usia tersebut, bermain empat kali bersama rekan satu klub, Fikayo Tomori, salah satunya kala menang atas Venezuela di final.

Kesuksesan lainnya di panggung internasional terjadi di bulan Juni 2018, di mana Clarke-Salter jadi bagian dari tim Inggris Under-21 yang berhasil menjadi kampiun di Toulon Tournament. Dia juga mengemban tugas sebagai kapten bagi tim Under-21 di putaran final Piala Eropa 2019, meski pasukan Aidy Boothroyd gagal lolos dari fase grup.