Jamal Blackman

Rotherham United
  • TANGGAL LAHIR

    27 Oktober 1993
  • TEMPAT LAHIR

    Inggris
  • Posisi

    Kiper

Kiper Jamal Blackman sudah bergabung di Akademi untuk kelompok usia Under-13 dan kini telah meningkatkan permainannya ke level senior.

Dia menjalani masa peminjaman yang sukses di Swedia dan di klub Championship di Inggris. Pada September 2019, diumumkan bahwa dia akan menghabiskan semusim penuh di Eredivise bersama Vitesse namun kemudian beralih ke Bristol Rovers di League One di paruh kedua musim kompetisi.

Pencapaian di Akademi

Blackman, kiper tinggi dan bisa memberi perintah dengan baik ini lulus dari berbagai kelompok usia sejak bergabung dengan the Blues saat berusia 12 tahun. Ia selalu tampil saat kami memenangkan Piala FA Junior 2011/12, musim di mana ia menghadirkan penampilan yang luar biasa dan melakukan beberapa penyelamatan penalti yang krusial. Selain itu, dia juga membuat 11 penampilan di tim cadangan dan beberapa kali berlatih bersama para kiper tim utama. Ia juga ambil bagian dalam tur musim panas tim utama ke AS pada musim panas 2012.

Jamal menghabiskan mayoritas musim 2012/13 sebagai pilihan utama di tim U-21 ketika tidak terlibat dengan tim utama. Ia kembali ikut dalam tur pra musim 2013, ke Asia dan Amerika, bermain 45 menit di laga di Bangkok, Jakarta, dan Washington D.C., dan tidak kebobolan sama sekali.

Ia bermain di semifinal dan final playoff U21 Premier League musim 2013/14 yang berhasil kami menangi, membuat dua penyelamatan penting dalam adu penalti melawan Manchester City di semifinal.

Sepak bola senior di Swedia dan lainnya

Di musim panas 2015, Blackman menjalani peminjaman pertamanya dengan bertolak ke Middlesbrough, di mana ia hanya tampil sekali, debutnya di tim utama, dengan catatan bagus. Dalam laga Piala Capital One di Liverpool, yang berakhir dengan adu penalti dengan poin tertinggi di sepanjang sejarah persepakbolaan Inggris. Blackman berhasil mengagalkan penalti dari Raheem Sterling dan juga mencetak satu gol. Laga itu dimenangkan oleh Liverpool 14-13.

Dengan perginya Mark Schwarzer pada awal Januari 2015, Blackman kembali menjadi kiper ketiga tim utama. Tapi dengan kedatangan kiper berpengalaman Marco Amelia ketika Thibaut Courtois cedera di tahun yang sama, pada Maret 2016, Jamal diperbolehkan untuk pindah ke klub lain dengan status pinjaman. Ia bergabung dengan tim divisi utama Swedia, Ostersunds FK hingga akhir Mei dan tampil 12 kali hingga periode peminjamannya berakhir pada Mei.

Lalu pada Agustus 2016, ia pindah ke klub League Two, Wycombe Wanderers hingga paruh musim pertama musim ini dan tampil apik dan sukses membantu Chairboys memperbaiki posisi mereka di klasemen. Pada 1 January 2017, masa peminjamannya diperpanjang hingga akhir musim dan berarti Blackman akan mengawal gawang mereka dalam laga di markas Tottenham di FA Cup yang berakhir dramatis. Ia berhasil melakukan beberapa penyelamtan penting untuk membantu membuat timnya unggul 3-2 hingga menit ke-89 meski akhirnya kalah lewat gol di masa perpanjangan waktu. Ia tampil sebanyak 52 kali untuk Wycombe, membukukan 17 clean sheet, dan terpilih sebagai Young Player of the Year klub.

Pada Juli 2017 diumumkan bahwa ia akan melanjutkan perkembangannya dengan dipinjamkan ke klub yang berlaga di divisi Championship Sheffield United, setelah sebelumnya menandatangani kontrak baru di Chelsea yang mengikatnya hingga 2021. Ia tampil mengesankan saat membela Bramall Lane selama semusim penuh dan membuat klub tersebut sedikit lagi bisa masuk zona play-off, dengan catatan sembilan clean sheet dari 33 penampilan.

Di musim 2018/19, ia menghabiskan musim keduanya sebagai pemain pinjaman di wilayah Yorkshire, lagi-lagi di divisi Championship, tetapi kali ini dengan Lees United dan bergabung dengan rekannya sesama alumni Akademi Chelsea, Lewis Baker. Sayang sekali, setelah tampil dua kali di Carabao Cup untuk tim senior Leeds, dia mengalami fraktur batang tibia ketika bermain untuk Under-23 pada November 2018 lalu kembali ke Chelsea.

Di paruh pertama musim 2019/20, Blackman bermain untuk Vitesse namun kali ini peminjamannya di Belanda terganggu cedera. Pada Januari 2020, diumumkan bahwa dia akan pindah ke klub peminjam lain, Bristol Rovers yang berkompetisi di League One.  

Pada akhir Agustus 2020, diumumkan bahwa dia akan menjalani masa pinjaman ketiganya bersama klub Yorkshire di divisi Championship, Rotherham United.