Jamie Cumming

Gillingham

  • TANGGAL LAHIR

    4 September 1999
  • TEMPAT LAHIR

    Winchester, Inggris
  • Posisi

    Kiper

Jamie Cumming penjaga gawang dari Eastleigh yang sudah menjadi pemain Chelsea sejak berusia delapan tahun. Dan menjadi pilihan utama selama bermain di tim Akademi.

Dia pernah menjadi pemain timnas Inggris U-17 dan menandai debut di tim taruna saat masih pelajar sebelum tampil reguler musim 2016/17. Itu merupakan musim pertamanya sebagai siswa dan dia bermain dua kali di FA Youth Cup, termasuk pertandingan final, sekaligus menjuarai kompetisi untuk tahun keempat secara beruntun.

Musim 2017/18, Cumming menjadi kiper utama Youth Cup. Bermain di hampir seluruh pertandingan kecuali delapan laga dan kebobolan hanya dua kali. Dia menandai debut di skuad pengembangan pada hari pertama musim dan tampil reguler untuk tim kelompok usia lebih tua yang dilatih Joe Edwards, termasuk tim U-19 yang sukses menembus final UEFA Youth League. Dia tampil heroik saat mengandaskan FC Porto di semi-final melalui adu penalti.

Sang kiper remaja mengokohkan posisi sebagai penjaga gawang nomor satu skuad pengembangan pada musim berikutnya. Dia mengawal gawang kita di lima pertandingan Checkatrade Trophy dan berkontribusi dengan mencatat clean sheet pada pertandingan tandang di Swindon dan Plymouth. Dia juga tampil mengawal gawang di Eropa ketika sekali lagi menembus final Youth League, meski kali ini berakhir sebagai runner-up.

Pada Juli 2019, dia dipastikan menjadi kiper pilihan ketiga Frank Lampard pada musim berikutnya sekaligus menandatangani kontrak empat tahun. Dia bergabung dengan status pinjaman ke Stevenage pada Agustus 2020.

Setelah dengan cepat menjadi pilhan pertama untuk klub League Two itu, lulusan Chelsea Academy tersebut mengukir 47 penampilan dan mencatat 18 kali clean sheet. Dia berperan penting mengawal Stevenage mengukir rekor bertahan terbaik ketiga di divisi tersebut meski finis di peringkat 14.

Awal musim 2021/22, dia dipinjamkan ke klub League One, Gillingham, yang finis empat peringkat di luar zona play-off musim sebelumnya.