Lewis Baker

Trabzonspor
  • TANGGAL LAHIR

    25 April 1995
  • TEMPAT LAHIR

    Inggris
  • Posisi

    Gelandang

Gelandang yang kreatif dan berteknik ini bisa menggunakan kedua kakinya dengan sama baik. Lewis Baker sudah bergabung dengan Chelsea sejak di kelompok usia Under-10.

Dia telah menghabiskan beberapa musim terakhir sebagai pemain pinjaman dan pada Juli 2019 diumumkan bahwa dia akan bergabung dengan klub Bundesliga, Fortuna Dusseldorf dan kembali ke Chelsea pada Januari 2020.

Prestasi di Akademi

Ia mencetak satu gol dari 19 penampilannya bersama tim muda kami saat masih berstatus pelajar pada 2010/11. Di musim berikutnya, ia menjadi salah satu pemain dengan penampilan terbanyak, 22 laga. Ia juga menjadi pengeksekusi penalti. Empat dari lima golnya dicetak dari titik penalti.

Baker juga pernah sekali menjadi pemain starter dan tiga kali menjadi pemain pengganti saat melakukan debutnya sebagai mahasiswa, sebelum di musim panas ia mendapat kontrak profesional pertamanya. Di musim 2012/13, musim yang berkesan, ia didapuk sebagai kapten kesebelasan.
 

Pemain yang selalu tampil di NextGen Series dan FA Youth Cup, Baker, mencetak gol penting dari tengah lapangan, termasuk dua dari empat gol kami ke gawang Arsenal di semi final NextGen di Italia yang berakhir dengan skor 4-3. Meski di final kalah dari Aston Villa, kompetisi Eropa itu membawa kesan positif bagi gelandang ini setelah terpilih sebagai pemain terbaik di turnamen itu.

 

Debut di Chelsea 


Berkat penampilan apiknya di awal musim 2013/14, ia diberi kesempatan untuk bermain sebagai cadangan tim utama di Capital One Cup saat mengalahkan Swindon Town dengan skor 2-0 pada September 2013. Meski tidak dimainkan lagi di turnamen tersebut, empat bulan kemudian ia melakukan debutnya di FA Cup saat menumbangkan Derby County.

Di level Under-21 dan Under-19, ia terpilih sebagai Chelsea Young Player of the Year 2013/14 dan juga memenangi Goal of the Season versi klub, yang dipilih oleh suporter. Gol itu dicetak menggunakan tumit belakang dalam laga Under-21 kontra Arsenal di Emirates Stadium. Musim itu ia tutup dengan penuh gaya dengan mencetak gol kemenangan ke gawang Manchester United di Old Trafford yang menyegel gelar juara Premier League Under-21.
 

Pengalaman sepak bola senior

Pada Agustus 2014, Baker mendapat kontrak berdurasi lima tahun. Ia juga dimasukkan ke dalam skuat Jose Mourinho di paruh kedua musim 2014/15. Pada 8 Januari 2015, ia dipinjam tim divisi Championship, Sheffield Wednesday. Sebulan kemudian ia kembali ke Chelsea lalu kembali dipinjam, kali ini oleh MK Dons, pada 25 Februari hingga akhir musim.

Baker terbukti produktif di MK Dons ketika mereka berhasil meraih promosi otomatis ke divisi Championship. Selama di sana, ia mencetak tiga gol dari delapan kali menjadi starter, dua belas sebagai pemain pengganti.

Selama dua musim berikutnya, ia dipinjamkan ke klub Belanda, Vitesse Arnhem. Ia mencetak lima gol dari 25 kali bermain sejak awal dan sembilan kali sebagai pemain pengganti di liga Belanda itu. Salah satu golnya lahir dari sebuah tembakan jarak jauh dengan kaki kanan di markas De Graafschaap pada Februari 2016. Gol itu terpilih sebagai gol terbaik Vitesse musim itu.

Di musim kedua, Baker tak tergantikan di lini tengah Vitesse, dan mempertajam catatan golnya dengan selalu mencetak gol di empat laga berturut-turut pada musim semi dan pada akhir Januari telah mengoleksi sembilan gol, yang salah satunya lahir lewat eksekusi tendangan bebas yang menjadi ciri khasnya.

Ia kemudian mencetak dua gol di semifinal Piala Belanda dan bermain di final ketika mengalahkan AZ Alkmaar 2-0 untuk meraih trofi mayor pertama dalam sejarah Vitesse. Total, Baker tampil sebanyak 39 kali dan mencetak 15 gol selama musim 2016/17.

Di musim panas 2017, Baker jadi bagian dari skuat Chelsea yang pergi ke Asia dalam rangka tur musim panas, dan diturunkan dalam laga kontra Arsenal dan Bayern Munich. Pada bulan Agustus, ia menandatangani kontrak berdurasi lima tahun di Stamford Bridge dan akan menghabiskan musim 2017/18 dengan dipinjamkan ke Middlesbrough. Di musim yang dipengaruhi dengan cedera dan pergantian manajerial di Riverside, Baker tampil sebanyak 14 kali dan mencetak dua gol.

Pada akhir Juni 2018, diumumkan bahwa ia akan dipinjamkan ke klub Championship, Leeds United kemudian Reading. Total, dia tampil sebanyak 33 kali.

Selama dipinjamkan ke Fortuna Dusseldorf di paruh pertama musim 2019/20, dia tampil sebanyak sembilan kali bagi klub Bundesliga itu sebelum kemudia kembali ke Chelsea pada Januari 2020. Dia kembali ke Chelsea pada Januari 2020 tetapi pada September kemudian tahun itu kembali ke luar negeri, kali ini ke klub Turki Trabzonspor di mana ia bergabung dengan mantan pemain Chelsea dan pelatih Eddie Newton, manajer yang baru saja ditunjuk di sana.

 

Di panggung internasional

Baker telah mewakili Inggris di setiap kelompok usia hingga Under-21. Dia juga membela tim Under-20 yang finis di urutan keempat di Toulon Tournament pada musim panas 2015, mengenakan ban kapten setiap kali diturunkan sebagai starter. Setahun kemudian, di turnamen yang sama, Baker dianugerahi penghargaan Sepatu Emas di turnamen yang dijuarai Inggris itu. Dari empat gol yang ia cetak, satu di antaranya ia sarangkan ke gawang tuan rumah Prancis.

Gelandang ini selalu menjadi starter di tiga laga Inggris di fase grup European Under-21 Championships 2017, dan mencetak gol perdananya di turnamen itu lewat titik putih, ketika mengalahkan Polandia 3-0.