Malang Sarr

Porto
  • TANGGAL LAHIR

    23 Januari 1999
  • TEMPAT LAHIR

    Nice, France
  • Posisi

    Bek

Malang Sarr, bek muda Prancis yang sebelumnya membela Nice, bergabung dengan Chelsea pada Agustus 2020. Musim ini dia dipinjamkan ke tim Portugal, Porto guna memperoleh waktu bermain dan menambah pengalaman agar siap membela skuad kita ketika kembali.

Pemain 21 tahun ini meninggalkan Nice usai masa kontrak dan menyepakati kontrak berdurasi lima tahun bersama Chelsea.

Sarr bermain untuk Nice sejak berusia lima tahun dan menjadi pemain reguler di skuad utama mereka pada usia 17 tahun. Debutnya di Ligue 1 ditandai dengan mencetak gol tunggal ke gawang Rennes, Agustus 2016.

Posisi utamanya adalah bek tengah, tapi dia juga mampu bermain di sisi kiri dalam formasi tiga bek serta menjadi bek kiri. Dia berkaki kidal dan tingginya 183 cm. Dalam tiga tahun, dia mencatat 100 penampilan dan mendapat penghargaan pemain muda terbaik klub. Dia pernah mencetak gol di Liga Europa dan pernah tampil di babak kualifikasi Liga Champions. Pada dua musim terakhirnya di Cote d'Azur, dia dilatih oleh Patrick Vieira.

Sarr sering terlibat dalam pergerakan Nice yang mengedepankan gaya membangun serangan dari belakang. Umpan-umpannya ke sepertiga akhir lapangan sangat diandalkan. Dia punya sentuhan pertama yang baik dan secara defensif, pergerakannya menyita perhatian.

Di ajang internasional, Sarr bisa membela timnas Senegal berdasarkan garis darah dari kedua orangtuanya, tapi dia berseragam Prancis mulai dari tim U-16 hingga U-21 dan bahkan mengapteni tim U-18 mereka. Dia bermain di Kejuaraan Eropa U-21 2019.

Total, Sarr mengemas 119 penampilan dan tiga gol untuk Nice.