Marc Guehi

Swansea City
  • TANGGAL LAHIR

    13 Juli 2000
  • TEMPAT LAHIR

    Pantai Gading
  • Posisi

    Bek

Marc Guehi sudah bergabung bersama Chelsea sejak kelompok usia Under-8 dan lebih sering tampil sebagai bek kanan atau bek tengah selama menjadi pelajar.

Bek yang berkomitmen dan punya sikap yang baik ini mewakili tim yunior di Under-15 dan Under-16 sebelum kemudian tampil regular bagi Under-18 di musim 2016/17 yang berakhir dengan tiga gelar juara. Sebagai kapten Inggris Under-17, ia hanya turun beberapa detik sebelum tim menjadi juara Piala Eropa di musim panas 2017. Setelah itu, ia tampil di setiap laga di Piala Dunia Under-17 dan membikin gol di final, saat Inggris menang 5-2 atas Spanyol.

Gol-gol Guehi jadi topik pembicaraan utama di sepanjang musim 2017/18, terutama golnya di final Piala Dunia Under-17 untuk Inggris.

photo of Milestone Milestone

Gol-gol Guehi jadi topik pembicaraan utama di sepanjang musim 2017/18, di mana remaja ini kerap mencetak gol di momen-momen signifikan, antara lain saat menaklukkan West Brom, Tottenham, dan Arsenal di Youth Cup. Arsenal kami gulung dengan skor agregat 7-1 di final. Ia tampil 30 kali bagi tim yunior dan membantu pasukan Jody Morris meraih Quadruple. Ia melakukan debutnya di skuat binaan pada akhir Maret.

Di musim 2018/19, bek kelahiran Pantai Gading ini memulai perjalanannya menjadi pesepak bola di kelompok usia Under-19 dan skuat binaan, mengukuhkan diri sebagai pemain reguler di jantung pertahanan. Pada September 2017, ia menandatangani kontrak profesional pertamanya yang mengikatnya hingga akhir musim 2019/20.

Karier di tim senior

Pada 2019, Guehi melakukan debutnya di ajang Carabao Cup, menang 7-1 atas Grimsby Town setelah dibawa dalam laga kontra Valencia di Stamford Bridge dalam laga Liga Champions. Bek tengah yang mengagumkan ini tampil perdana bagi tim nasional Inggris Under-21 dalam laga kualifikasi Piala Eropa Under-21 di mana Inggris mencatatkan kemenangan atas Turki pada September 2019 - setelah itu Guehi tampil di lima laga lainnya bagi tim Singa Muda.

Pada 10 Januari 2020, Guehi melanjutkan perkembangannya dengan dipinjamkan ke klub Championship, Swansea, dan akan bekerja sama kembali dengan Steve Cooper, mantan manajernya di tim nasional Inggris Under-17. 

Setelah menyelesaikan musim dengan baik, diumumkan bulan berikutnya dia akan kembali ke Swansea untuk musim 2020/21.