Matt Miazga

Anderlecht
  • TANGGAL LAHIR

    19 Juli 1995
  • TEMPAT LAHIR

    Amerika Serikat
  • Posisi

    Bek

Matt Miazga adalah seorang bek asal Amerika yang didatangkan dari New York Red Bulls pada 2016

Bek tengah berusia 20 tahun ini menantangani kontrak berdurasi empat setengah tahun.

Tiga bulan kemudian dia melakoni debutnya bersama the Blues dan sejak itu dipinjamkan ke Belanda, Prancis, dan klub-klub Championship. Terakhir, Miazga kembali dipinjamkan ke Reading selama musim 2019/20 season. Paruh kedua musim sebelumnya dihabiskannya di Madejski, dengan tampil sebanyak 18 kali.

Membesarkan nama di Amerika

Miazga bergabung dengan Akademi Red Bulls pada 2009 dan menandatangani kontrak pertamanya empat tahun kemudian, ketika berusia 17 tahun. Debutnya untuk Red Bulls dilakukan ketika berusia 18 tahun.

Di Major League Soccer musim 2015, bek tengah yang kuat ini sudah memastikan dirinya sebagai pemain regular di jantung pertahanan dan membantu Red Bulls finish dengan rekor regular terbaik di Amerika Utara. Ia selalu tampil di playoff namun akhirnya kalah dari Columbus Crew di final Wilayah dalam dua leg.

Jago membaca permainan, Miazga juga menjadi panutan di Red Bulls dan telah tampil di Liga Champions CONCACAF.


Jadi bagian the Blues

Miazga pindah ke Stamford Bridge pada Januari 2016 dan langsung diberi kaus bernomor 20. Penampilan pertamanya dilakoni bersama tim Under-21 pada Maret, yang kemudian disusul dengan debut di tim senior, tampil 90 menit penuh dalam laga tandang di Aston Villa ketika John Terry dan Gary Cahill cedera. Laga tersebut diselesaikan dengan catatan clean sheet dengan skor 4-0. Dia tampil sekali lagi di musim 2015/16, tampil di babak pertama dalam laga di Swansea sepekan setelah debutnya.


Belajar selama masa peminjaman

Pada musim panas 2016, saat masih berusia 21 tahun, ia dipinjam Vitesse Arnhem selama semusim. Meski jarang tampil di periode awalnya di klub itu, sejak Februari bek ini mulai menjadi starter reguler. Ia menjadi bagian tim yang membantu Vitesse meraih kemenangan di final Piala Belanda untuk mengangkat trofi mayor pertamanya. Hingga akhir musim, ia telah tampil sebanyak 19 kali sebagai starter dan 10 kali sebagai pemain pengganti.

Di musim 2017/18, ia kembali ke Vitesse dan terus tampil nyaris sepanjang musim, tampil 42 kali dan membikin empat gol, salah satunya ke gawang Utrecht di laga babak play-off Europa League.

Di paruh pertama musim 2018/19, pemuda Amerika ini bermain di Nantes, Prancis, dan tampil sembilan kali di sana sebelum kemudian kembali ke Inggris untuk bergabung dengan Reading. Dia tampil 18 kali bagi tim Jose Gomes di divisi Championship dan membantu the Royals finis satu tingkat di atas zona degradasi. Berkat penampilan apiknya itu, dia kembali dipinjam Reading untuk musim 2019/20.

Pada awal Oktober 2020, diumumkan bahwa Miazga pindah ke Belgia untuk menghabiskan satu musim dengan status pinjaman bersama Anderlecht.

 

Karier di tim nasional

Ia melakukan debutnya untuk timnas AS pada November dan sebelumnya telah mewakili negaranya di level Under-20 dan Under-23. Bersama AS U-23, ia menjadi bagian dari skuat yang bermain di laga kualifikasi Olimpiade 2016, namun sayangnya disingkirkan Kolombia di playoff. Ia terus beraksi di sepanjang musim panas 2019 dengan membela tim nasionalnya di Gold Cup. Dia tampil bersama rekrutan baru Chelsea, Christian Pulisic. Di gelaran itu, AS finis sebagai juara dua setelah kalah dari Meksiko.