Tiemoue Bakayoko

Napoli
  • TANGGAL LAHIR

    17 Agustus 1994
  • TEMPAT LAHIR

    Prancis
  • Posisi

    Gelandang

Tiemoue Bakayoko menyelesaikan transfer dari Monaco pada 15 Juli 2017 dan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Dia adalah gelandang tengah yang tinggi, kuat, dan cepat yang berperan penting dalam keberhasilan Monaco menjuarai Ligue 1 musim sebelumnya, serta penampilan impresif yang membawa mereka ke semifinal Liga Champions.

Saat menguasai bola, Bakayoko biasanya bermain dengan cepat dan sederhana tetapi memiliki kemampuan untuk lebih ekspansif jika diperlukan, dan kuat dalam situasi satu lawan satu. Pada 2016/17 ia berada di peringkat ke-15 di Ligue 1 dalam catatan take-on, yang menegaskan kemampuannya menggiring bola.

Dia menjadi bintang lini tengah Monaco saat mereka secara tak terduga mengalahkan Paris St-Germain untuk merebut gelar liga pada 2017 dan juga mencapai semifinal Liga Champions, mengalahkan Manchester City dan Borussia Dortmund dalam prosesnya. Bakayoko mencetak gol penentu dalam pertandingan dua leg yang mendebarkan melawan tim Premier League.

Lahir di Paris, Bakayoko datang dari akademi Rennes di barat laut Perancis dan melakukan debut seniornya pada Agustus 2013, seminggu setelah ulang tahunnya yang ke-19.

Dia menandatangani kontrak dengan Monaco pada musim panas berikutnya dan membuat hampir 100 penampilan untuk tim selama tiga musim di sana, mencetak lima gol. Dia membuat langkah besar setelah mantan pemain the Blues Claude Makelele bergabung dengan Monaco sebagai direktur teknis pada Januari 2016.

Di level internasional, Bakayoko adalah anggota tim junior Prancis yang menjadi runner-up di Turnamen Toulon 2014.

Bakayoko tampil 43 kali semalam musim perdananya di Stamford Bridge, termasuk di final FA Cup ketika ia tampil 90 menit penuh dan tampil apik kala kami menang 1-0 atas Man United di Wembley. Dia juga mengoleksi tiga gol.

Pada Agustus 2018, diumumkan bahwa dia akan menghabiskan musim 2018/19 bersama AC Milan dengan status pinjaman.

Dia melakukan debut internasional seniornya untuk Prancis melawan Spanyol pada Maret 2017, bermain bersama N'Golo Kante dan menghadapi Alvaro Morata dan Pedro.

photo of Milestone Milestone

Setelah menyelesaikan pemulihan dari cedera selama pra-musim 2017, Bakayoko melakukan debutnya di Chelsea ketika ia menjadi starter dalam kemenangan di Wembley atas Spurs. Gol pertamanya datang dalam kemenangan kandang besar atas tim Azerbaijan Qarabag di Liga Champions. Gol pertamanya di Premier League tercipta di markas Crystal Palace pada Oktober 2017 meskipun kami menelan kekalahan.

Di musim pertamanya di Chelsea, pemain Perancis ini terus dimainkan oleh Antonio Conte di lini tengah namun sempat diusir keluar lapangan setelah menerima dua kartu kuning di babak pertama kala tim kalah di Watford pada Februari. Cedera memaksanya menepi selama lima pekan dan setelah itu ia kembali bermain sebagai pengganti saat mengalahkan tim tamu Crystal Palace.

Ia menampilkan performa yang apik menjelang akhir musim, di antaranya dalam kemenangan sulit atas tim tamu Liverpool, dan bermain 90 menit saat kami menaklukkan Manchester United di Wembley dan sukses mengangkat trofi FA Cup.

Pada Agustus 2018, menyusul kedatangan Jorginho, Bakayoko pindah ke Serie A di Italia untuk bergabung dengan AC Milan dengan status pinjaman sepanjang musim 2018/19. Meski sempat kehilangan posisinya di tim di awal musim, dia berhasil menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya dan kembali menjadi pemain reguler, total tampil 42 kali dan mencetak satu gol. Di akhir musim ia sempat mendapat perlakuan rasis dari penggemar Lazio dalam laga semifinal Coppa Italia dan sempat beradu argumen dengan manajer Milan, Gennaro Gattuso, yang di akhir musim meninggalkan Milan yang finis di peringkat lima. Bakayoko kemudian kembali ke Chelsea.

Setelah kembali bersama Chelsea di masa pramusim, pada akhir Agustus 2019, diumumkan bahwa Bakayoko akan kembali ke mantan klubnya, Monaco, dengan status pinjaman selama musim 2019/20.

Dalam deadline transfer di Oktober 2020, Bakayoko diumumkan bergabung dengan Napoli dengan status pinjaman selama satu musim, dimana dia kembali bertemu dengan Gattuso yang sekarang menjadi pelatih Napoli.